Tips Membeli Kebun Sawit Agar Terhindar Dari Kerugian

Ada 14,32 juta Ha luas perkebunan kelapa sawit di Indonesia, seluas 5,81 juta Ha adalah perkebunan rakyat yang dimiliki oleh individu maupun kelompok tani. Komoditas kelapa sawit sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia, mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi mungkin ada ratusa produk turunan yang kita gunakan bersumber dari tanaman kelapa sawit. Kelapa sawit kian menjadi primadona setelah digagas program B30 dimana minyak kelapa sawit (CPO) digunakan sebagak campuran Bahan Bakar Minyak Biodiesel. Tak heran semakin banyak orang mulai menanam kelapa sawit.

Berkebun kelapa sawit sudah menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat sebagian besar di Pulau Sumatera dan Kalimantan terlebih di Provinsi Riau. Selain karakter tanaman kelapa sawit yang bandel, memiliki siklus hidup yang panjang (25 sd 30 tahun) hasil produksi juga sudah memiliki pasar yang jelas dan hampir pasti terserap oleh Pabrik kelapa Sawit (PKS) disekitar.

Dengan harga rata – rata Tandan Buah Segar (TBS) Rp 1.100 sd Rp 1.500 per Kg dan produksi TBS per Hektar sebesar 1.200 Kg sd 2.000 kg per Bulan (rata – rata pada umumnya) maka potensi pendapatan kebun kelapa sawit adalah sebesar Rp 1,3jt sd Rp 3 jt per Hektar Perbulannya, apalagi saat harga jual naik dan kebun kelapa sawit yang dimiliki lebih luas misalnya 5 Ha sd 10 Ha maka potensi pendapatan bulanan bisa Rp 15 jt sd Rp 30 jt per bulan. menggiurkan bukan ?

Nah, jika anda sudah bertekad ingin berkebun kelapa sawit sebagai investasi anda memiliki 2 pilihan untuk memulai. Pilihan pertama adalah menanam sendiri, mulai dari membuka lahan, memilih bibit,  menanam, merawat hingga panen perdana membutuhkan waktu 3 sd 4 tahun. Terlalu lama ? tenang saja ada pilihan ke-dua yaitu beli kebun sawit yang sudah jadi (take over kebun kelapa sawit). Kenapa ada pilihan kedua ? karena banyak sekali kebun sawit yang diperjual belikan dengan berbagai motif, ada pemilik kebun sawit yang mau pindah, tidak mampu mengurus dengan optimal, salah bibit dari awal penanaman, produksi tidak optimal, penjaga kebun yang tidak jujur, bagi – bagi warisan, anak mau kuliah, mau coba bisnis lain dan seribu motif lainnya kebun kelapa sawit dijual.

Beberapa keuntungan bagi anda yang ingin membeli kebun sawit produktif (sudah menghasilkan ) adalah lebih hemat waktu dan biaya serta langsung menghasilkan cashflow. Tapi jangan sembarangan membeli kebun kelapa sawit, salah – salah anda malah buntung bukan mendapat untung. Mau tau caranya membeli kebun kelapa sawit pasti untung ?

Berikut adalah tips membeli kebun sawit agar tidak rugi :

1. Periksa status hukum dan kepemilikan lahan
Status hukum dan kepemilikan lahan adalah hal terpenting yang harus diperhatikan agar anda tidak stress dikemudian hari. Jangan sampai kebun sawit yang anda beli berdiri diatas lahan sengketa yang tentunya akan banyak menelan biaya untuk mengurusi proses hukumnya.

Anda harus jeli menelusuri asal usul status lahan yang akan dibeli, jika lahan memiliki Surat Keterangan Ganti Rugi (SKGR) yang jelas dan sah anda boleh sedikit tenang, namun akan lebih baik jika anda membeli lahan yang sudah memiliki sertfikat kepemilikan yang jelas. Hindari membeli lahan yang belum memiliki surat – surat yang jelas dan sah. Anda dapat menelusuri status lahan tersebut dengan bertanya kepada warga sekitar, perangkat desa, camat setempat hingga cek koordinat lahan ke instansi yang berwenang.

Percayalah sedikit lebih kritis dan jeli menelusuri keabsahan status lahan yang ingin dibeli akan menguntungkan anda dimasa depan, karena sudah banyak kasus sengketa yang terjadi akibat ketidak-telitian dan menganggap remeh status kepemilikan dan asal usul lahan.

Di zaman yang sudah canggih ini anda bisa menelusuri dengan lebih detil dan akurat status lahan, anda dapat menggunakan data  koordinat titik – titik tapal batas lahan untuk di cek di BPN atau Dinas terkait lainnya untuk memastikan status kebun sawit yang akan anda beli. jika anda tidak mampu melakukannya sendiri anda dapat menggunakan bantuan Tim IndoAtlas untuk membantu melakukan pengambilan data dan pengukuran.

2. Lokasi Lokasi Lokasi.. !
Membeli lahan sawit tak beda jauh dengan membeli properti, lokasi menentukan keberhasilan anda. Jika ingin kemudahan dimasa depan carilah Kebun Kelapa Sawit yang terletak tidak jauh dari Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit, hal ini akan memudahkan anda dalam mengangkut hasil panen. Jarak yang tidak terlalu jauh dari Pabrik Kelapa Sawit akan menghemat ongkos angkut dan tentunya mengurangi kemungkinan buah restan (hasil panen tidak terangkut) serta mengurangi pangkasan (hasil panen yang digelapkan oleh pengangkutan)

Satu lagi, lokasi kebun yang dekat dengan pabrik kelapa sawit tentunya akan memberi kemudahan untuk menjual hasil produksi kelapa sawit anda, karena disekitarnya selalu tumbuh agen- agen /makelar / tengkulak yang bersedia membeli hasil panen anda. Selain itu anda akan lebih mudah mendapatkan limbah Pabrik seperti Tandan kosong, Abu janjangan dan Solid yang bermanfaat sebagai tambahan nutrisi tanaman kebun kelapa sawit anda selain pupuk organik.

Namun perkirakan juga jarak Kebun Sawit dengan domisili anda, jarak yang terlalu jauh mungkin akan menyulitkan anda ketika ingin mengontrol keadaan kebun, sehingga anda memerlukan orang yang dapat dipercaya untuk menjaga kebun sawit anda.

Jika anda kesulitan untuk melakukan survey dan analisis lokasi anda dapat menghubungi Tim IndoAtlas yang sudah berpengalaman dalam melakukan berbagai survey dan pembuatan beragam analisa teknis lainnya.

Pengukuran tanah menggunakan GPS geodetik

3.  Perhatikan kualitas tanah
Bisnis perkebunan tentunya harus didukung oleh kualitas tanah yang baik sebagai tempat tumbuhnya tanaman. Hindari membeli kebun sawit yang tumbuh diatas lahan gambut, selain rawan terbakar di musim kemarau hasil produksi tanaman sawit yang tumbuh di lahan gambut juga tidak sebaik di lahan tanah mineral. Untuk itu mungkin anda harus mengeluarkan biaya pupuk ekstra agar tanaman tetap subur dan berbuah. carilah tanah mineral yang baik dengan unsur hara dan kelembaban yang cukup.

Jika anda tidak memiliki cukup pengetahuan dan metodologi untuk melakukan survey kualitas tanah, anda dapat meminta bantuan Tim IndoAtlas yang sudah memiliki peralatan dan keilmuan yang lengkap sebagai pendamping anda.

4. Jumlah Pokok Sawit dan Kualitas Tanaman Kelapa Sawit
Kelapa Sawit juga makhluk hidup yang bisa sehat dan sakit. Pastikan anda membeli tanaman kelapa sawit yang sehat bebas dari ganoderma dan segala macam hama penyakit lainnya. Hal ini penting sekali karena produksi panen berasal dari setiap pokok kelapa sawit yang tumbuh sehat. Hama penyakit tentunya akan mengurangi produktivitas kebun bahkan dapat membuat pokok kelapa sawit mati. Jika dalam suatu areal memiliki banyak pokok kelapa sawit yang sakit atau mati maka jangan pernah berharap mendapatkan hasil panen yang berlimpah. Namun jika terpaksa harus mengakuisisi kebun yang terkena serangan ganoderma anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ditemukan obat ganoderma alami yang dapat menyembuhkan pokok kelapa sawit hingga sehat dan produktif kembali. Untuk informasi tentang obat ganoderma dan hama penyakit kelapa sawit lainnya silahkan menghubungi IndoAtlas yang sudah memilki Tim dan Konsultan yang berpengalaman lebih dari 25 tahun di Industri perkebunan kelapa sawit.

Lakukan survey yang menyeluruh dan detil, hitung jumlah pokok sawit per hektar yang sehat dan inventarisir jumlah pokok mati / kosong dalam areal. Hal ini tentunya akan sulit dilakukan dengan cara manual apalagi untuk luasan kebun yang besar, Oleh karena itu anda dapat menggunakan bantuan Tim IndoAtlas untuk melakukan survey foto udara, pemetaan dan sensus pokok kelapa sawit dengan drone canggih di kebun sawit yang akan anda akuisisi. Data ini sangat diperlukan bagi anda calon buyer / pemilik kebun sawit untuk sebagai dasar acuan negosiasi harga kebun dan estimasi produksi kedepannya. Silahkan hubungi IndoAtlas untuk detilnya, konsultasi gratis.

Citra Orthophoto Kebun Kelapa Sawit yang diambil dengan UAV (drone)

4. Survey harga
Sebelum membeli cobalah untuk membandingkan harga yang ditawarkan dengan harga di lingkungan sekitar, hitung dengan anggaran yang anda miliki dan kalkulasikan dengan potensi produksi yang dapat dihasilkan. Cobalah untuk bernegosiasi dengan penjual, terburu – buru membeli jika ditawarkan dengan harga murah, bisa saja kebun sawit yang ditawarkan memiliki banyak masalah, seperti masalah hukum maupun teknis tanaman.

 

5. Ukur luas lahan dengan detil
Terakhir lakukan pengukuran ulang luas areal kebun kelapa sawit yang akan anda akuisi, pastikan anda menerima luasan yang sesuai dengan yang anda bayar dan sesuai dengan surat – surat tanah. Pastikan batas – batas areal yang akan anda miliki agar terhindar dari konflik dimasa depan. Percayakan pengukuran kebun sawit ataupun areal kepada pihak yang  sudah berpengalaman dan memiliki peralatan lengkap seperti Tim IndoAtlas yang sudah berpengalaman melakukan berbagai macam misi pengukuran dan pemetaan.

Pemetaan lahan dengan drone

itulah tips dari kami, selamat berbisnis kelapa sawit. Dan tentunya mari kita jaga lingkungan dengan mengembangkan perkebunan kelapa sawit yang tidak merusak lingkungan. Jika anda memiliki tips lainnya silahkan komentar di bawah, atau boleh juga share informasi kebun sawit dijual dan info lainnya yang relevan.

Untuk konsultasi lebih lanjut terkait produk jasa IndoAtlas dapat menghubungi  +6282284012829

4 Commentsto Tips Membeli Kebun Sawit Agar Terhindar Dari Kerugian

Tips Membeli Kebun Sawit Agar Terhindar Dari Kerugian
  1. Yusuf berkata:

    Terima kasih informasinya.. sangat membantu sekali bagi kami yang sedang melirik sawit sebagai investasi.

    Mohon infonya jika ada kebun kelapa sawit dijual ..

  2. Andre berkata:

    Nice artikel.
    Kami pekebun individu sedang mencari kebun sawit minimal luas 20 hektar lokasi di Riau. Semakin dekat pekanbaru semakin bagus. Kebun dengan tanaman yang sehat.

    Mohon hubungi jika ada yang berminat jual kebun kelapa sawit.

  3. Robi berkata:

    Pak berapa tarif jasa pemetaan lahan seluas 100 Ha di Kabupaten kampar ?

    Rencana laha mau dibangun peternakan terpadu.

    • admin berkata:

      Halo Pak, untuk penawaran harga akan kami kirim langsung setelah mendapatkan detil pekerjaan yang dibutuhkan dari pelanggan. IndoAtlas selalu berupaya memberikan solusi low cost mapping with superior result. jadi jangan khawatir dengan budget 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

^